Minggu, 18 Oktober 2015

Kharisma & Karakter

Pembicara: Bpk. Jusuf


Setiap orang memiliki karakter dan charisma masing – masing. Karakter dan charisma yang dimiliki setiap orang berbeda – beda. Ada karakter yang baik, ada pula karakter yang buruk tergantung dari pribadi orang tersebut. Kemudian jika diibaratkan suatu produk maka charisma adalah bungkusnya atau packingnya dan karakter adalah isi dari produk tersebut.

Ada yang memiliki charisma yang luar biasa namun memiliki karakter yang buruk, namun ada pula yang memiliki charisma dan karakter yang baik, hal itu tergantung dari pribadi orang tersebut. Namun diantara charisma dan karakter yang penting adalah karakter. Maka dari itu mari kita bahas mengenai charisma dan karakter ini.

Charisma adalah pembawaan dari dalam diri seseorang. Charisma seseorang bisa dilihat, namun cendrung lebih bisa dirasakan. Charisma seseorang adalah karunia dari pada Allah yang diberikan kepada manusia (1Korintus 12:11).
Karakter adalah kualitas atau nilai dalam diri seseorang. Lebih mudahnya karakter seseorang tercermin dari pola perilaku kebiasaan dari kehidupannya. Sebab karakter seseorang terbentuk dari perilaku yang dilakukan berulang – ulang, sehingga menjadi kebiasaan dalam hidupnya sehingga menjadi karakter dalam hidupnya. Karakter juga bisa terbentuk dari hasil proses seseorang dari kehidupannya.

Karakter seseorang bisa berubah dari yang baik menjadi buruk ataupun kebalikannya, hal itu tergantung dari mana seseorang mau mengubah karakternya. Seperti yang tertulis diatas bahwa karakter dan charisma adalah penting namun diantara keduanya yang terpenting adalah karakter, hal itu karena karakter menyangkut nilai dan kualitas hidup seseorang. Banyak contoh dimana orang memiliki charisma yang baik namun tidak dengan karakternya. Contohnya adalah Samson dan Raja Salomo.

Siapa yang tidak kenal Samson, Samson adalah orang yang kuat dan tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatannya, tidak ada yang bisa memerintahnya. Namun sayangnya Samson tidak memiliki karakter yang baik. Samson memang kuat secara fisik, kharismanya begitu luar biasa, namun ia lemah dengan perempuan. Hingga akhirnya ia jatuh dan hancur, sehingga akhirnya ia meninggal bunuh diri.

Contoh yang kedua adalah Raja Salomo. Raja Salomo adalah raja yang sangat luar biasa diberkati Tuhan. Raja yang diberkati oleh Tuhan dengan hikmat yang luar biasa, sehingga ia bisa dengan mengambil keputusan dengan mudah. Sehingga tidak ada raja – raja yang menyamainya baik raja – raja yang sebelumnya maupun yang sesudahnya. Namun sayangnya Raja Salomo tidak memiliki karakter yang kuat, karena ia memiliki selir dan gundik yang banyak.


Jadi pada akhirnya karakter dan charisma itu penting, jika charisma adalah pembawaan dirinya, namun karakter adalah isi dari seesorang. Yang terpenting bukan hanya charisma atau pembawaan namun juga isi atau karakter karena karakter yang baik akan mendatangkan charisma yang baik pula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar