Sabtu, 19 Mei 2012

Iman yang Menyelematkan dan Menyembuhkan


Pembicara: Pdt. Keintjem

Matius 8:8b,13
          Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. 13) Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: ”Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya.” Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

            Firman Tuhan berkata bahwa Iman dalah bukti dari segala sesuatu yang belum kita lihat, dalam hal beriman itu tidak harus melihat secara langsung tapi jika beriman maka saudara percaya meski tidak melihat secara langsung.
Seperti perwira di kapernaum ini yang berkata kepada Tuhan “katakanlah sepatah kata, maka hambaku akan sembuh” ketika ada hamba perwira itu yang sedang sakit. Dikisah ini Tuhan merasa takjub akan iman perwira ini, dimana Yesus berkata “Iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai diantara orang israel (Matius 8:10). Seperti yang diketahui bahwa umat Israel adalah umat pilihan Allah dimana umat israel berasa dari keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Abraham yang semua orang tau bahwa Abraham adalah Bapa orang beriman atau percaya. Dimana Tuhan telah berjanji akan memberkati abraham menjadi bangsa yang besar (Kejadian 12: 1-3). Yang kemudian adalah anaknya Ishak. Jika dari keturunan Abrahamlah semua bangsa akan diberkati oleh Tuhan maka melalui Ishaklah smua bangsa akan bertobat (Yesaya 60:2-3). Dan dari Keturunan Yakublah atau yang sudah diubah namanya menjadi Israel yang berarti putra Allah, ada keselamatan. Atau jalan menuju perdamaian dengan Allah, atau jalan menuju pada keselamatan itu (Kejadian 28:10-14). Dan jalan itu adalah Yesus (Yohanes 10:9 dan Yohanes 14:6), Yesus itulah sang batu hidup itu ( 1 Petrus 2:4 dan Yohanes 2:19-22). Jadi kesimpulanya adalah milikilah Iman yang besar seperti apa yang telah ditunjukan oleh perwira tersebut dan juga segala perkara hidup serahkanlah pada Yesus sang batu hidup itu       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar