Kamis, 21 Juni 2012

Berkat yang Dijanjikan Tuhan


Pembicara: Pdt Keintjem

Kejadian 41: 32-36
          32) Sampai dua kali mimpi itu diulangi bagi tuanku Firaun berarti; hal itu telah ditetapkan oleh Allah.  

            Pada ketika itu Firaun mendapatkan sebuah mimpi (Kejadian 41: 17-24). Dan tidak seorangpun yang dapat mengartikan mimpi tersebut. Tapi Yusuf dapat mengartikan mimpi dan membuat solusi dari mimpi tersebut (Kejadian 41:25-31).
            Hal ini mampu dilakukan oleh Yusuf bukan semata – mata karena kemampuan dan keahliannya dalam mengartikan mimpi. Tapi semua ini mampu dilakukannya dengan atau bersama Allah. Dan juga karena Yusuf menerima berkat – berkat yang dijanjikan Tuhan. Dan berkat itu adalah berkat keturunan, berkat keluarga, berkat tempat tinggal dan berkat masa depan.
            Berkat keturunan, sebelumnya Allah telah mengadakan perjanjian dengan Abraham (Kejadian 17:5-8).  Dan karena Yusuf adalah keturunan ke empat dari pada Abraham, maka Yusuf menerima berkat yang telah dijanjikan itu.
            Berkat keluarga, sesungguhnya Allah sangat senang jika saudara dan saya hidup dalam kerukunan seperti dalam keluarga yang rukun dan damai serta hidup didalam Yesus. Karena kesanalah atau dalam kondisi seperti itulah Allah akan mencurahkan berkat – berkat-Nya (Mazmur 133:1-3).
            Berkat tempat tinggal, hal in maksudnya adalah berkat – berkat seperti memberkati pekerjaan, makanan hingga buah kandunganmu. Jadi singkatnya adalah berkat didalam rumah tangga (Ulangan 7:13).
            Berkat masa depan, masa depan yang Tuhan janjikan adalah masa depan yang penuh harapan, bukan masa depan yang suram aatau penuh dengan kecelakaan ( Yeremia 29:11). Tapi berkat ini akan dicurahkan kepada orang yang tidak duduk dalam perkumpulan pencomooh dan yang tidak berjalan dalam jalan orang fasik (Mazmur 1:1-3).
            Berkat – berkat ini bukan hanya diterima oleh Yusuf seorang, dan oleh keturunan asli Abraham saja. Tapi juga bisa diterima oleh saudara dan saya. Hal ini dikarena saudara dan saya adalah israel – israel rohani, umat pilihan Allah. Maka dari itu janganlah lupa memperkatakan kitab Taurat ini dan renungkanlah, agar beruntung dan berhasilah setiap jalanmu (Yosua 1:7)
            Jika saudara dan saya dalam kondisi yang ‘tak berdaya dan tidak ada jalan keluar atau solusi dalam pesoalan hidup ini. Tengoklah keatas, pandanglah wajah Yesus itu, maka jalan keluar akan tersedia bagimu dan juga pemulihan akan terjadi bagimu. Dan firman-Ku yang telah keluar dari mulut-Ku tidak akan sia – sia dan yang melakukannya akan berhasil (Yesaya 55:10-11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar