Kamis, 19 Juli 2012

Maksud Tuhan dalam Penderitaan bagi Orang Percaya


Pembicara: Pdt. Keintjem

1 Petrus 1: 6-7
            6) Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang kamu harus berdukacita oleh berbagai – bagai pencobaan. 7) Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurnianya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji – pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri – Nya

            Ujian dan tantangan adalah suatu hal yang memang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan hidup seseorang. Tapi jika memang Tuhan harus luaskan ujian dan tantangan itu datang pada kehidupan seseorang, percayalah bahwa Tuhan punya maksud tertentu dibalik dari ujian dan tantangan itu.
            Ujian dan tantangan yang Tuhan luaskan terjadi tidak mengenal watu, kapanpun ujian bisa datang dalam kehidupan seseorang. Seperti Abraham yang Tuhan luaskan ujian itu datang disaat anak laki satu – satunya dan kesayangannya harus dipersembahkan bagi Allah di atas gunung. Ujian itu datang kepada Abraham, disaat anak satu – satunya yang menjadi anak perjanjian Allah dengan Abraham itu harus dikorbankan bagi Allah. Tapi karena Allah yang memerintahkannya maka Abraham ikuti semuanya itu, meski memang secara manusia itu berat. Dan hal ini Tuhan izinkan terjadi adalah supaya Abraham menduduki suatu tempat dimana Abraham menjadi Bapa Orang Beriman,  dan orang yang memiliki iman seperti Abraham akan mendapatkan berkat perjanjian itu (Kejadian 22:6-8)
            Berikutnya ada bangsa Israel yang Tuhan keluarkan dari tanah mesir menuju ke tanah yang belum mereka ketahui atau disebut tanah perjanjian. Dimana di tanah perjanjian yang akan mereka duduki itu adalah tanah yang kaya akan hasil buminya. Tapi untuk memperoleh itu semua bangsa Israel ini tidaklah mudah mereka Tuhan izinkan dalam perjalananya itu berputar – putar selama 40 tahun dengan maksud merendahkan hatimu dan mengetahui isi hatimu yakni apakah engkau berpegang pada perintahku atau tidak? (Ulangan 8:2-8).
            Lalu bagaimana dengan kehidupan orang percaya? Seperti yang sudah tertulis diatas yakni bahwa ketika Tuhan luaskan/izikan saudara dan saya mengalami suatu ujian atau tantangan, percayalah Yesus punya maksud tertentu, dan maksud itu indah adanya, serta dibalik tantangan dan ujian yang Tuhan luaskan sebenarnya Tuhan juga sudah siapkan jalan keluarnya…. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar