Jumat, 28 Juni 2013

Di Luar Tuhan Kamu Tidak Dapat Berbuat Apa - Apa


Pembicara: Pdt. Keintjem

Yohanes 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Hidup di dalam Yesus adalah hidup yang berkelimpahan, namun di luar dari pada Tuhan adalah kebalikanya. Tuhan Yesus berfirman bahwa didalam kehidupan ini harus berbuah, dan semakin berbuah dari hari ke hari, karena setiap orang mengenal sebuah pohon dari buah – buah yang dihasilkannya.
Salah satu dari buah itu adalah kasih, Tuhan Yesus janganlah tinggalkan kasih setia, kalungkanlah pada lehermu dan tuliskan itu dalam loh hatimu. 
Benar adanya jika diluar Yesus maka kita tidak bisa apa – apa, namun jika ada di dalam Tuhan maka kita bisa berbuah banyak, dari sekian banyak contoh yang terdapat dalam Alkitab salah satunya ada Yoh 21:3-13, jika diperhatikan didalam perjalanan para murid Yesus menangkap ikan sepanjang malam dengan segenap kekuatan dan kemampuan yang mereka punya, tidak satupun ikan yang mreka tangkap (Yoh 21:3). Hingga akhirnya ketika hari mulai siang Yesus datang kepada mereka dan bertanya adakah lauk pauk padamu? Jawab mereka tidak ada (Yoh 21:4-5). Kemudian Yesus berkata tebarkanlah jalamu disebelah kanan dan mereka melalukanya, kemudian dalam sekejap mereka berhasil menangkap ikan (Yoh 21:6). Kemudian ketika mereka merapat ke darat dan sehabisnya mereka bekerja, di darat itu ada roti dan ikan di atas api arang kemudian makan sarapan bersama (Yoh21:7-13).
Terkadang didalam menjalani kehidupan, mungkin ketika kita sudah berusaha dengan segenap kekuatan dan kemampuan yang kita punya namun tidak menghasilkan apapun dan berbuah kekecewaan. Hal ini juga pernah dialami oleh murid Yesus pada peristiwa diatas.
Ingatlah saudara Yesus tetap memperhatikan saudara dan bagi Yesus tidak pernah ada kata terlambat dan mustahil. Hal itu telah dibuktikannya ketika Yesus menolong pada hari mulai siang, bukannya pada waktu malam hari disaat ikan-ikan sedang naik keatas dan sesudah mereka lelah bekerja Tuhan memberikan roti dan ikan untuk mereka sarapan. 
Tetapi saudara – saudara berkat Tuhan tidak akan kita rasakan jika kita tidak melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan, seperti yang sudah dilakukan pada kisah diatas. Disaat para murid-murid melaksanakan apa yang Tuhan mau, mereka mendapatkan apa yang Tuhan janjikan.
Jadi saudara – saudara disaat sudah segala apa yang sudah kita lakukan dengan segenap kemampuan yang kita lakukan namun tidak berhasil, dan berbuah kekecewaan. Ingatlah Yesus (Yes 41:10), Ingatlah bahwa Yesus masih sanggup dan bagi Yesus tidak ada kata terlambat untuk menolong, janganlah kebawa nafsu sebab Tuhan memberkati umat-Nya itu seperti pada waktu tidur (Mzm127:1-2), artinya adalah disaat kita menyerahkan apapun yang menjadi perkara kita dan kita tidak memikirkan lagi, nantinya bagaimana, s’bab kita sudah menyerahkan kepada Tuhan serta kita cukup lakukan apa yang Tuhan perintahkan, sebab didalam Tuhan ada kemenangan,berkat dan pertolongan serta umur panjang, kekayaan dan kehormatan (amsl 3:16). Serta keselamatan hanya diberikan oleh Yesus (Kis 4:12).























Tidak ada komentar:

Posting Komentar