Minggu, 26 Juli 2015

Strategi Menghadapi Kehidupan di Masa Sukar

Pembicara: Bpk. Chandra


Kehidupan tidaklah selamanya mudah atau berjalan mulus. Akan tetapi adakalanya kehidupan itu akan terasa sulit atau sukar. Namun sesulit apapun kehidupan atau sesukar apapun masalahnya, seharusnya tidak membuat seseorang menjadi lemah dan menjauh dari pada Tuhan, melainkan semakin kuat didalam Tuhan. Untuk menghadapi kehidupan yang sukar setidaknya ada 4 strategi yang bisa diterapkan. Ke empat strategi itu adalah berpegang teguh pada firman Allah, jangan menjadi serupa dengan mereka, cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati, dan berlindung dan mengandalkan Tuhan.
Strategi pertama adalah berpegang pada firman Allah. Firman Allah adalah kekuatan, firman Tuhan adalah jawaban. Hal itu karena semua jawaban dari permasalahan hidup ada dalam firman Tuhan. Bahkan dalam firman Tuhan juga tertulis bahwa injil adalah kekuatan Allah. Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah dalam menghadapi kehidupan dimasa sukar tetaplah berpegang pada firman Tuhan.

Strategi ke dua adalah jangan serupa dengan mereka. Firman Tuhan berkata dalam Roma 12:2 adalah Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Jadi dalam keadaan sesulit apapun janganlah mengubah pribadi kita melainkan kalau bisa harus mengubah keadaan lingkungan sekitar.

Strategi ke tiga adalah cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati, seperti yang tertulis dalam matius 10:16, Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati ". cerdik seperti ular, tertulis didalam firman Tuhan dalam kejadian 3:1, adapun ular adalah hewan yang paling cerdik diantara hewan yang lainnya. Cerdik disini bukanlah berarti licik atau menipu atau mengerjai seseorang. Namun cerdik disini adalah bijak. Kemudian adalah tulus seperti merpati. Kenapa merpati?. hal itu karena melambangkan kesucian, romantis dll. Jadi dapat disimpulkan bahwa artinya adalah seseorang haruslah bijak dalam menghadapi kehidupan ini dan tetap tulus.


Strategi ke empat adalah berlindung dan mengandalkan Tuhan. Kenapa harus berlindung dan mengandalkan Tuhan?. Firman Tuhan dalam Mazmur 91:1-3 tertulis 1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa    2 akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." 3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar