Minggu, 13 September 2015

Jadilah Teladan

Pembicara: Bpk. Jusuf


1 Timotius 4:12

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.







Jadilah teladan dalam segala hal, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Demikianlah yang tertulis dalam 1 tim 4:12.

Sebagai orang Kristen kita harus bisa menjadi teladan bagi orang disekitar kita, teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, dan kesucian. Teladan berarti yang terbaik. Artinya orang yang menjadi teladan adalah orang yang dianggap terbaik diantaranya yang lainnya. Namun menjadi teladan tidaklah mudah. Untuk menjadi teladan orang tersebut harus menjaga perkataan dan tingkah laku kita. Untuk itu mari kita bahas bagaimana menjadi teladan dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Sesuai yang tertulis dalam 1 tim 4:12.

Pertama adalah teladan dalam perkataanmu, ingatlah bahwa lidah tidak bertulang, sehingga apapun bisa diucapkan, bisa jadi perkataan yang diucapkan seseorang itu memberkati atau mengutuk orang lain. Ataupun perkataan yang dikeluarkan seseorang bisa menyenangkan orang disekitar atau menyakiti bahkan melukai hati orang yang disekitarnya. Maka dari itu jagalah perkataan kita, pikirkan dulu setiap kata yang mau dikeluarkan jangan sampai menyakiti bahkan melukai hati oranglain. Dengan demikian orang tersebut bisa menjadi teladan dalam perkataannya

Kedua adalah teladan dalam tingkahlaku. Tingkahlaku dan perbuatan bisa dilihat oleh orang lain, bahkan terkadang bahwa seseorang itu dinilai dari tingkahlakunya, apakah ia itu baik ataukan buruk. Sebagai orang Kristen maka seseorang itu harus bisa menjaga tingkahlaku kita agar jangan merugikan seseorang. Dengan menjaga tingkahlakunya maka orang tersebut bisa menjadi teladan dalam tingkahlakunya

Ketiga adalah teladan dalam kasih. Dengan kasih maka ada kehangatan. Cara untuk meenjadi teladan dalam kasih adalah dengann meneladani Allah yang penuh kasih. Dengan demikian orang tersebut bisa menjadi teladan dalam perkataannya.

Keempat adalah teladan dalam kesetiaanya. Kesetiaan adalah sangat penting dalam suatu hubungan, Allah kita adalah Allah yang setia, maka dari itu marilah kita juga setia kepada Allah.


Terakhir adalah kesucian, kesucian berarti juga kekudusan. Banyak orang di zaman ini telah kehilangan kesucian dan kekudusannya. Maka dari itu seseorang harus bisa menjaga kesucian dan kekudusan. Karena tanpa kesucian dan kekudusan tidak bisa melihat Allah demikianlah firman Tuhan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar