Minggu, 03 April 2016

Harta yang Paling Berharga

Pembicara: Bpk Chandra


Banyak orang mencari harta, berangkat pagi pulang sampai larut malam demi mencari harta. Bekerja keras demi mecari harta sampai mengabaikan kesehatannya. Namun ia tidak tahu apa yang menajdi harta yang paling berharga

Harta yang berharga adalah harta yang memiliki nilai yang mahal. Suatu asset yang memiliki nilai mahal. Dalam kehidupan ini setidaknya ada 4 hal harta yang paling berharga, apakah itu?. Harta yang paling berharga diantaranya adalah kekayaan, relasi, keluarga, dan tubuh, jiwa dan roh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas satu per satu.
  
Pertama adalah kekayaan. Kekayaan jelas, terkait dengan harta atau keuangan, karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa orang butuh uang sebagai alat pembayaran atau sebagai alat untuk melakukan transaksi. Namun bukan berarti kita menjadi hamba uang atau cinta uang. Karena jika demikian firman Tuhan sudah memperingatkan jika kita cinta akan uang maka kita akan menjerat diri kita dengan berbagai – bagai duka (1 Tim 6:10).

Kedua adalah relasi atau hubungan. Sebagai mahluk social jelas manusia perlu menjalin suatu relasi atau hubungan. Namun hendaknya ketika kita menjalin suatu relasi atau hubungan adalah hubungan yang bermanfaat bagi segala aspek kehidupan kita, seperti pekerjaan, karir dll.

Ketiga adalah keluarga. Dalam mazmur 33:1-3 tertulis 1 Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! 2 Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. 3 Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya. Hal itu berarti Tuhan menyukai kerukunan, biasanya kerukunan dapat dijumpai di dlaam keluarga. Dimana biasanya didalam keluarga yang anggotanya saling hidup rukun, akan diberkati oleh Tuhan.

Ke-empat dan terakhir adalah tubuh, jiwa, dan roh. Tubuh, jiwa dan roh adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Tubuh adalah daging, yang dapat dilihat. Jiwa adalah batiniah yang meliputi emosi dan pikiran yang ada dalam diri manusia. Roh adalah nafas kehidupan yang dihembuskan oleh Allah kepada manusia. Sehingga dari tubuh, jiwa dan roh jadilah seorang manusia.

Jadi kesimpulannya saudara dalam kehidupannya ini harta yang paling berharga bukan hanya kekayaan ataupun kemewahan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa selama kita masih hidup kita masih butuh harta atau uang untuk transaksi. Namun perlu diingat bahwa relasi, keluarga juga merupakan harta yang paling berharga. Kemudian jangan lupa akan tubuh, jiwa dan roh. Dimana tubuh perlu dijaga kesehatannya., dan jiwa dan roh kita yang perlu dijaga dan dirawa jangan sampai meski kita hidup enak didunia, roh kita binasa. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar