Sabtu, 24 Maret 2012

Yesus sebagai Teladan


Pembicara: Pdt. David

Lukas 22:39-40
          40)  ”Berdoalah supaya kamu jangan jatuh kedalam pencobaan”

            Yesus selalu memberi teladan yang baik kepada semua orang dan Yesus juga telah memberikan teladan yang baik kepada semua orang. Diantara semua teladan yang pernah Tuhan Yesus ajarkan adalah Berdoa, Beribadah dan Pelayanan Kasih
            Berdoa adalah salah satu teladan yang Tuhan Yesus ajarkan kepada semua orang.  Berdoa adalah hal penting yang harus dilakukan karena berdoa inilah cara saudara dan saya untuk berkomunikasi atau mengadu kepada Yesus. Sebagai contohnya adalah Daniel. Seperti yang telah diketahui yang pada masanya saat itu daniel tetap berdoa dan memuji Allah. Padahal pada saat itu raja darius mengeluarkan perintah dilarang menyampaikan permohonan doa selain kepadanya. Tapi daniel tidak peduli dan tetap berdoa kepada Yesus pada masa itu, meski ia masuk harus masuk kedalam gua singa tapi ia tetap selamat (Daniel 6:11-12). Lalu juga ada pemazmur daud yang berdoa untuk berseru pada Tuhan pada pagi – pagi buta (Mazmur 119:147-149). Dan petrus yang berdoa pada siang hari (Kisah para Rasul 10:9). Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk berdoa atau berseru pada Tuhan bisa kapanpun, tidak dibatasi oleh waktu – waktu/jam – jam tertentu.
            Setelah berdoa yang diajarkan Tuhan Yesus berikutnya adalah Beribadah. Beribadah adalah hal juga yang penting, karena dalam sebuah peribadahan ada sebuah persekutuan dengan Yesus, yang dimana bisa saling menguatkan satu dengan yang lain. Sebagai contohnya Yesuspun juga beribadah pada sebuah kesempatan di nazaret (Lukas 4:16)
            Dan yang terakhir yang dibahas pada kesempatan kali ini tentang teladan – teladan Yesus adalah Pelayanan Kasih. Pelayanan kasih adalah pelayanan terhadap sesama kita sebagai manusia atau bisa disebut sebgai pelayanan sosial. Dalam hal ini contohnya adalah Pelayanan kasih yang dilakukan Yesus ketika Ia mengajar disuatu tempat. Hal ini Yesus lakukan dengan cara memberikan makan kepada lima ribu orang (Markus 6:41).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar