Rabu, 19 September 2012

Sebab Engkau akan Mengembang ke Kanan dan ke Kiri


Pembicara: Pdt. Keintjem

Yesaya 54:1-3
            1) Bersorak – sorailah hai si mandul yang tidak pernah melahirkan!....... , firman Tuhan. 2) Lapangkanlah tempat kemahmu dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali – tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh – kokoh patok – patokmu! 3) Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri,…

            Bersorak – sorailah hai si mandul!, demikian kata firman Allah. Mandul disini bukan berarti hanya sekadar yang tidak pernah melahirkan. Melainkan juga berarti bahwa seseorang yang tidak  berbuah, dan yang doanya belum dijawab oleh Tuhan serta yang sedang mengalami sebuah kesulitan.

            Seringkali dengan segala situasi yang ada manusia mengalami suatu pergumulan dengan Tuhan. Dalam pergumulan dengan Tuhan itu, manusia sangat mengharapkan keadaan yang tidak enak berubah menjadi enak dan nyaman atau sesuatu yang dirindukanya itu menjadi nyata. Memang Yesus sanggup melakukan segala sesuatu dengan kuat kuasa – Nya dan tidak ada yang mustahil bagi Dia, tetapi dalam masa – masa penantian itu Yesus mau agar saudara dan saya tetap bersukacita dan bergembira saja (Mazmur 37:4) dan jangan menjadi kuatir atau memusingkannya. Sama halnya yang dialami bangsa Israel dalam masa situasi yang sulit, kering dan penuh dengan malapetaka, tetapi firman Tuhan datang kepada mereka dan berkata bersorak – sorailah dan bersukacitalah serta janganlah menjadi lemah lesu, sebab ia akan membaharuimu dengan kasih – Nya dan kamu tidak akan menanggung cela lagi (Zefanya 3:14-17).
           
Lapangkanlah tempat kemahmu, panjangkanlah tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh – kokoh patok – patokmu serta janganlah menghematnya! Demikianlah firman Tuhan. Dalam segala sesuatu hal yang saudara dan saya kerjakan dalam hidup ini, mungkin seringkali ada rasa ragu di hati. Seperti daerah ini cocok nga yah? Atau bisa nga nya? Dsb. Tetapi firman Allah berkata bahwa siapa yang senantiasa memperhatikan angin dan siapa yang senantiasa memperhatikan awan tidak akan menabur dan menuai (Pengkhotbah 3:11). Yang artinya adalah jika ada keraguan dihati maka segala sesuatu yang dikerjakan itu tidak akan menghasilkan. Melainkan lakukan saja semampu apa yang bisa saudara dan saya kerjakan tanpa ada keraguan sedikitpun, s’bab Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28) dan Allah menyertai saudara dan saya dalam setiap apa yang sedang dikerjakan (Hagai 2:5).

Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, demikianlah janji firman Tuhan.  Setelah tadi tetap bergembira meski belum melihat, lalu kerjakan saja tanpa ada ragu, kemudian bagian akhirnya adalah janji Tuhan tentang berkat pertolongan Tuhan yang mebuat saudara dan saya bisa berkembang dan berbuah serta bersukacita dan bersyukur. S’bab firman Allah berkata bahwa Allah akan memenuhi segala keperluan kita munurut kekayaan dan kemuliaan – Nya (Filipi 4:19). Asal percaya saja, maka kuasa – Nya yang hebat itu nyata bagi saudara dan saya (Efesus 3:19).  S’bab saudara dan saya adalah bait Allah, dan didalam diri kita berdiam Roh Allah (1 Korintus 3:16).  Sehingga saudara dan saya tidak lagi sendirian ketika ada badai masalah atau ujian datang menimpa bahtera kehidupan saudara dan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar