Kamis, 15 November 2012

Talenta


Pembicara: Bpk. Jusuf

Matius 25:14-30
29)  karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

            Talenta adalah anugrah pemberian Tuhan kepada manusia. Tentunya talenta setiap orang berbeda – beda. Biasanya orang – orang mengartikan talenta sama seperti bakat alami. Tetapi satu tujuannya yaitu untuk mempermuliakan nama Tuhan.

            Setiap talenta orang pasti berbeda. Ada yang punya satu, dua atau lebih. Semua hal itu sudah Tuhan atur sedemikian rupa menurut kemampuan setiap manusia dalam menanggungnya (Matius 25:15).
Setiap talenta yang Tuhan berikan itu, haruslah dilakukan dan dikembangkan agar bisa berbuah (Roma 12:6). Tetapi bila talenta yang telah Tuhan berikan itu dilakukan tetapi tidak dengan cara yang baik dan benar maka hal itu tidaklah berbau harum dihadapan Tuhan seperti halnya kain dalam mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan (Kejadian 4:5). Tetapi jika talenta tersebut tidak dilakukan dan dikembangkan serta tidak berbuah maka Tuhan tidak senang dan kepadanya akan diambil apapun dari padanya serta dimasukan ke dalam tempat yang terdapat ratap dan kertak gigi (Matius 25:29b-30).

Memang setiap talenta telah Tuhan percayakan kepada setiap orang menurut kemampuanya masing – masing. Maka dari itu jangan iri hati kepada orang yang mendapatkan talenta lebih banyak dari padanya, seperti halnya hamba yang menerima satu talenta itu. Karena iri hati tidaklah membawa hal yang baik, tetapi justru sebaliknya serta seperti orang – orang yang bodoh dan bebal (Ayub 5:2). Kemudian iri hati hanyalah membawa kekacauan saja dan segala macam perbuatan jahat karna hanya demi mementingkan diri sendiri saja ( Yakobus 3:16).

Telah banyak contoh iri hati yang diceritakan seperti halnya ketika saudara – saudara Yusuf yang iri hati kepada Yusuf (Kejadian 7:4). Dan ketika saul yang iri hati kepada daud (1 Samuel 18:7 – 8). Tetapi apakah keuntungan yang didapat oleh yang iri hati tadi? Jawabanya tidak ada, melainkan hanya memperoleh kerugian bahkan apa yang telah ada padanya hilang.

Jadi kesimpulannya adalah ingatlah bahwa talenta sudah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan menurut kemampuan manusia dalam menanggungnya. Setiap talenta yang telah diberikan Tuhan itu haruslah dilakukan dan dikembangkan. Serta ingatlah bahwa Tuhan yang memberi kekuatan untuk mencapai setiap tujuan (Ulangan 8:18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar