Jumat, 21 Maret 2014

Memiliki Iman yang Teguh dan Hidup dalam Roh

Pembicara: Bpk. Jusuf

Galatia 3:14
Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa – bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Salah satu kerinduan Tuhan adalah melihat seorang memiliki iman yang teguh dan hidup dalam Roh. Dua hal yang kerap kali dilupakan oleh orang atau dianggap kurang penting dalam kehidupan seseorang, akibatnya adalah banyak orang yang tidak memiliki iman yang teguh dan tidak hidup dalam Roh, namun Allah melihat yang didalam bukan yang diluar.
Memiliki iman yang teguh dan hidup dalam Roh adalah dua hal yang saling terkait, hubungan keterkaitanya disini adalah dengan iman kita bisa menerima Roh yang dijanjikan itu (Galatia 3:14).
Iman yang teguh setidaknya bisa membuat seseorang bisa bertahan dalam menghadapi ujian, namun bukan hanya itu saja, karena selain itu iman yang teguh bisa menghasilkan empat hal, yaitu menjadikan pandangan seseorang sesuai dengan pandangan Allah, menjadikan sempurna, menghasilkan perubahan, dan memberikan hasil nyata.
Menjadikan pandangan kita sesuai dengan pandangan Allah,  artinya adalah menjadikan pikiran sesuai dengan pikiran Allah dimana jangan menyakiti namun mengasihi. Selanjutnya firman Tuhan berkata Sebab Allah itu sempurna, haruslah kita sempurna (Matius 5: 48), untuk menjadi sempurna haruslah kita mengoreksi dan memeriksa apakah hidup kita sudah sesuai dengan kehendak Allah.
Selanjutnya adalah menghasilkan perubahan dan memberikan hasil nyata. Menghasilkan perubahan – perubahan yang menghasilkan kesaksian, perubahan yang menghasilkan rasa nyaman dan indah yang menghasilkan kesempurnaan. Hasil nyata jelas memberikan apa yang tidak ada menjadi nyata adanya.

Setelah membahas tentang memiliki iman yang teguh berikutnya adalah hidup dalam Roh. Hidung dipimpin oleh Roh, yang tidak menuruti keinginan daging, s’bab seperti yang tadi dibilang bahwa Allah itu melihat yang didalam, yaitu Roh. Terkadang manusia itu berpikir bahwa Roh kurang penting yang penting bagaimana caranya bisa memperindah tubuh, padahal yang benar adalah utamakan dulu Roh, kemudian jiwa, dan terakhir tubuh. Tetaplah teguh berpegang dalam Yesus dan ‘tak bercacat (Ibrani 4:14-15 & 1 Tes 5:23).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar