Kamis, 13 Maret 2014

Tetap Percaya

Pembicara: Ibu Pdt. Keintjem

          Markus 5:24-34
                                28) Sebab katanya: ”Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh.” 29) Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. 34)Maka kata-Nya kepada perempuan itu: ”Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau, Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu.


Seseorang dalam menjalani kehidupannya tidak akan selalu mulus tanpa adanya suatu cobaan atau ujian. Ujian demi ujian, cobaan demi cobaan baik itu besar maupun kecil pernah dialami oleh manusia. Namun banyak sekali manusia yang tidak tahan uji, yang memilih untuk mengakhiri hidup sebagai cara penyelesaian masalahnya.

Tetapi pada kesempatan kali ini diajarkan bahwa carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat (Yesaya 55:6). Dalam kisah perempuan yang sakit pendarahan ini diajarkan suatu makna tentang kepercayaan, tentang Iman, tentang bagaimana perempuan ini percaya sungguh kepada Tuhan.

Perempuan ini telah melakukan segala daya dan upaya untuk menyembuhkan penyakit pendarahannya namun hasilnya sia – sia namun perempuan ini tau bahwa Yesus sanggup untuk menolongnya dan perempuan ini percaya sungguh dan beriman bahwa “asal kujamah saja jubah-Nya maka aku akan sembuh”. Dan hasilnya tentu saja ia sembuh dari penyakitnya.

Apa yang dikisahkan dalam kisah ini adalah kisah yang dialami oleh setiap manusia, meski tidak sama persis seperti yang dialami dalam kisah perempuan ini tapi pada dasarnya sama.

Sebagai manusia kita memang terbatas, mungkin kita telah lakukan segala daya dan upaya namun tidak membuahkan hasil. Segalanya telah kita kerahkan, segalanya telah diserahkan demi mencapai suatu hal, namun ‘tak kunjung menjadi nyata.

Tetapi ingatlah sama halnya ketika perempuan ini tahu bahwa Yesus bisa menjadi penolongnya, kemudian ia mendatanginya dan beriman serta lakukan yaitu menjamah jubah Yesus maka perempuan inipun sembuh.

Kitapun sudah tahu bahwa Yesus masih sanggup dan Ia masih mau untuk menolong kita. Maka dari itu seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan menyerah namun datang kepada Tuhan, sujud dan menyerahkan kepada Tuhan karena Yesus mengasihi dan bagi siapapun yang bertekun mencari Yesus maka ia akan mendapatkan Yesus.

Maka dari itu percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik. Serahkan, percayalah, dan Ia akan bertindak (Mazmur 37:3-5).

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar