Sabtu, 24 Mei 2014

Gembala yang Baik

Pembicara: Pdt David

Yohanes 10:9-10
9)  Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput 10) Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

            Seorang gembala yang baik akan menaruh perhatian pada domba-dombanya. Gembala itu akan merawat dan memelihara serta memperhatikan domba-dombanya. Bahkan dalam firman Tuhan digambarkan bahwa gembala yang baik itu masuk ke kandang domba melalui pintu, memanggil sesuai namanya dan gembala tersebut menuntun dombanya ke padang rumput, dan domba – dombanyapun telah mengenal suara gembala tersebut dan mengikutinya. Namun apabila domba-domba tersebut mendengar “suara yang asing” bagi mereka, mereka akan pergi dan menjauhinya (Yoh 10:1-4).

Yesus adalah Gembala yang baik dan kita adalah domba-domba-Nya. Hal itu karena Yesus memperhatikan kehidupan setiap orang percaya. Bukan hanya perhatikan Ia menolong dan Ia menunjukkan kasih setia-Nya pada setiap orang, bahkan memberikan nyaw-Nya untuk menebus dosa manusia. Hal Dia lakukan karena Ia ingin menunjukkan bahwa Yesus itu kasih dan Yesus adalah seorang gembala yang baik. Sehingga domba-domba-Nya bisa mengerti dan mendengar suara-Nya.

Namun dalam kenyataanya dalam setiap kehidupan ini kita sebagai manusia karena keterbatasan sering terpengaruh oleh suara – suara yang disebut dalam Firman Tuhan adalah “suara yang asing”, hal ini karena suara yang asing atau terkadang adalah bujukan ini terkadang nikmat untuk dilakukan, namun ujungnya adalah maut. Maka dari itu firman Tuhan memperingatkan dalam 2 Petrus 1:8 yaitu sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Namun Gembala yang baik yaitu Tuhan tidaklah demikian, Ia itu seperti Gembala menggembalakan domba-Nya dan menghimpun dengan tangan-Nya dan dituntun-Nya dengan hati-hati (Yes 40:11).


Sehingga dalam firman Tuhan kali ini ada 2 hal yang bisa dipelajari. Pertama adalah hati – hati jangan tertipu oleh “suara yang asing” dalam hal ini adalah suara iblis, mungkin suaranya hampir sama, namun mintalah hikmat dari Tuhan supaya kita tau apakah itu benar” dari Tuhan atau bukan. Kedua adalah Yesus adalah Gembala yang baik, karena Yesus adalah gembala yang baik maka kita sebagai domba-domba-Nya tidak perlu kuatir tentang apapun juga, sebab Yesus memperhatikan, Yesus menolong, dan Yesus mampu mengubahkan. Sekian dan Terimakasih, Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar