Jumat, 27 Juni 2014

Roh Kudus

Pembicara: Pdt. David

1 Yohanes 5:6-12
7) Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman, dan Roh Kudus; dan ketiga adalah satu.

                   Yesus lahir, lalu mati dan Ia bangkit, kemudian Ia terangkat ke sorga, namun Ia berjanji tidak meninggalkan kita sendirian, maka dari itu Ia mengirimkan Roh Kudus. Roh Kudus adalah bagian dari kepribadian Allah (Mat 28:19).

                        Roh Kudus itu tinggal didalam setiap hati orang percaya, kita masih ingat bagaimana dahulu manusia diciptakan oleh Tuhan serupa dengan gambar-Nya (2 Kor 3:17-18). dengan membuatnya dari tanah dan dihembuskan nafas-Nya kepada manusia itu (Kej 1:27).

                        Roh Kudus mempunyai beberapa sifat, beberapa diantaranya adalah, Ia kekal, ‘tak terbatas, bisa menyelamatkan, maha kuasa, maha tau, maha hadir.

                        Pertama Ia kekal, karena Ia adalah Roh maka Ia bersifat kekal (Ibrani 9:13-14). Kemudian Roh Kudus juga tidak terbatas, artinya Ia mempunyai kuasa yang tidak terbatas oleh apapun.
                       
                        Ketiga adalah bisa menyelamatkan, sebagaimana yang tertulis dalam roma 8:11,13, bahwa barangsiapa hidup dalam kedagingan ia mati, melainkan jika seseorang hidup dalam Roh ia akan hidup.

                        Keempat maha tau dan Ia maha hadir, Roh Kudus ini mempunyai sifat maha tau, sebab Ia menyelidiki hal-hal yang tersembunyi dan Ia juga maha tau sebab Ia selalu berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. (1 Kor 2:!0-11 & Maz 39:7-10).

                        Jadi saudara-saudara, memang kita tidak bisa melihat Allah dengan mata duniawi, karena Ia adalah Roh tidak seperti dahulu ketika Ia datang sebagai manusia. Tetapi Ia selalu melihat dan mengetahui setiap keadaan dan kondisi kita, bukan hanya melihat dan mengetahui namun Ia selalu menghiburkan, menolong, memberi kekuatan, mengingatkan dsb.

                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar