Jumat, 04 Juli 2014

Seruan untuk Bertobat

Pembicara: Ibu Pdt. Keintjem

Yoel 2:12-13
12 ”Tetapi sekarang juga, ”demikianlah firman Tuhan, ”berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh.” 13 Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada Tuhan Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

Pada masa lalu ketika ada suatu pertemuan, ada perjanjian yang ingin disampaikan, ada suatu teguran dsb disekitar hal itu, ditiuplah sangkakala sebagai suatu pertanda (Yoel 2:1). Kemudian pada masa lalu Allah menyampaikan pesan-Nya itu melalui perantaraan para nabi.

Dahulu memanglah demikian namun kini semua sudah berubah, Allah sendiri langsung menyampaikan perkataan-Nya itu kepada setiap pribadi. Hal itu kar’na firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita demikianlah firman Tuhan (Yoh 1:14).

Dalam Yoel 2:12-13 adalah salah satu seruan yang disampaikan oleh Allah untuk umat-Nya, untuk berbalik kepada-Nya. Berbaliklah dengan sepenuh hati dan dengan perasaan menyesal. Berbaliklah s’bab Allah itu pengasih dan penyayang, Ia panjang sabar dan berlimpah kasih setia.

Selanjutnya barangsiapa yang menerima-Nya dan percaya, mereka diberi-nya kuasa dan menjadi anak – anak Allah (Yoh 1:12). Artinya bahwa ketika seseorang tadi sudah kembali berbalik dan ia kembali menerima dan percaya kepada Yesus maka Ia diberi-Nya kuasa dan menjadi anak – anak Allah.

Oleh karena diberi-Nya kuasa maka hendaknya saudara dan saya tidak perlu ragu lagi dalam meminta pertolongan dari pada Tuhan. S’bab ketika saudara berteriak minta pertolongan kepada Tuhan maka Tuhan akan langsung menolong tanpa ada perantaan lagi seperti dahulu.


Hingga pada akhirnya hanya didalam Yesus ada penghiburan kasih, persekutuan Roh, kasih mesra dan belas kasih. Namun satuhal yang perlu diingat tetaplah rendah hati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar