Jumat, 11 Juli 2014

Berjaga-jaga dan kerjakan talentamu


Markus 13:33
33 ” Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.  

Berjaga-jaga dan kerjakan talentamu, pada minggu ini ada 2 hal yang dipelajari. Pertama nasihat untuk berjaga-jaga. Berjaga-jaga s’bab tidak ada yang tahu Tuhan datang ke 2 kali. Firman Tuhan mengumpamakan kedatangan Tuhan seperti ketika seorang tuan yang sedang bepergian dan ia mempercayakan rumahnya ke penjaga-penjaga pintu. Sang penjaga-jaga itu harus berjaga-jaga s’bab mereka tidak tahu kapan tuannya itu kembali (Markus 13:33-37).

Kedua kerjakan talentamu, dalam markus 13:34 setiap hamba-hambanya diberikan tanggung jawab dengan tugas-tugasnya masing – masing. Kemudian dalam matius 25:14-30 diceritakan bagaimana seseorang diberikan talenta sesuai dengan kesanggupannya masing-masing. Ada yang 1,2, dan 5 talenta. Mereka harus membawa hasil dari apa yang dikasih oleh tuannya itu, yang 5 dan 2 berhasil membawakan hasil dari talenta mereka, namun yang 1 malah menguburkannya didalam tanah. Kemudian hasilnyapun keliatan dimana yang berhasil membawakan hasilnya itu masuk dalam kebahagiaan tuannya namun yang pemalas tersebut masuk dalam kegelapan yang paling gelap.

Dalam kehidupan ini hendaknya kita senantiasa berjaga-jaga, menjaga hati dan sikap perilaku kita. Kemudian asah dan kembangkanlah setiap talenta yang kita miliki agar bisa berkembang dan membuahkan hasil. Selanjutnya hendaknya dalam setiap langkah kehidupan ini landaskanlah dengan takut akan Tuhan sebab Tuhan yang akan memberikan pengertian dalam segala sesuatu (Amsl 1:7 & 2 Tim 2:7).

Hingga akhirnya tetap kerjakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar dan kerjakan itu dengan tidak berbantah-bantahan agar bisa menjadi bintang yang memiliki cahaya yang indah dan bisa menerangi dunia (Fil 2:12).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar