Jumat, 19 September 2014

Pengharapan

Pembicara: Bpk. Jusuf

Yeremia 17:5-8
5) Beginilah firman TUHAN ” Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 7) Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN.    

Dalam dunia ini saudara perlu pengharapan, pengharapan yang bukan sembarangan pengharapan, pengharapan yang benar-benar menjadi penolong atau yang menjadi dasar dari segala sesuatu yang belum terjadi atau kelihatan.
Banyak orang mengandalkan dirinya dan kemampuannya, banyak orang mengandalkan sahabat yang sangat ia percayai, banyak orang mengandalkan orang lain, dan banyak orang menjadikan apa yang ia miliki dan sahabatnya sebagai sumber pengharapan mereka. Namun semuanya itu hanya membawa kepada kesia-siaan. Tetapi jika saudara mau mengandalkan dan berharap pada Tuhan, atau menjadikan Yesus sebagai sumber pengharapan saudara maka saudara akan diberkati luar biasa oleh Tuhan.

Pengharapan saudara adalah pertaruhan saudara, dimana saudara bisa mendapatkan suatu kepastian ditengah ketidakpastian, manusia tidak bisa memberi kepastian, namun Yesus bisa memberikan suatu kepastian ditengah ketidakpastian saudara karena rasa kekuatiran dan ketakutan saudara, dan kuncinya adalah Iman.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat, demikianlah firman Tuhan Ibrani 11:1. Ya Iman adalah kuncinya, kunci atau dasar dari pengharapan itu, karena pada dasarnya suatu pengharapan adalah seseuatu hal yang belum terjadi namun kita ingin hal itu terjadi dalam kehidupan saudara, namun saudara harus tau kemana dan kepada siapa saudara meletakkan dasar pengharapan saudara itu, ingat letakkanlah pengharapan saudara itu hanya kepada Tuhan.

Akhir kata, bahwa hendaknya saudara meletakkan pengharapan saudara hanya kepada Tuhan, dimana Allah yang adalah sumber pengharapan, memenuhi dengan sukacita dan damai sejahtera serta mengaruniakan kekuatan yang daripada Roh Kudus.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar