Kamis, 08 Januari 2015

Siapakah Aku Ini

Pembicara: Bpk. Jusuf

Matius 16:15
                   Lalu Yesus bertanya kepada mereka: ”Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”


Saudara tentu pernah merasakan pertolongan Tuhan dalam kehidupan saudara, Tuhan juga sudah menyatakan kasih setia, pertolongan, dan anugrah-Nya kepada saudara semua.
Tetapi siapakah Yesus ini? Atau siapakah Aku ini?. Yesus adalah Tuhan, Yesus adalah Jurus’lamat, Yesus adalah terang hidup dll, semua itu benar saudara. Menurut firman Tuhan dalam Alkitab, Yesus adalah Mesias, Roti Hidup, Pokok Anggur, kebangkitan hidup, Jalan Kebenaran dan Hidup. Mari kita bahas satu per satu.
Pertama Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup (Matius 16:16), ya tentu Yesus adalah Anak Allah yang hidup, Yesus memang dikandung dan lahir dari perempuan yang bernama Maria, namun Ia berasal dari Allah maka dari itu Yesus itu seratus persen Allah dan Seratus Persen manusia dan Ia mempunyai kuasa dan Ia diutus untuk datang ke dunia dengan misi menyelamatkan manusia dari maut akibat dosa.
Kedua Yesus adalah Roti Hidup dan Pokok Anggur (Yoh 6:51 & Yoh 15:1), kedua hal ini berbicara mengenai kehidupan kekal, artinya bahwa barangsiapa yang mau menerima-Nya sebagai Tuhan dan Jurus’lamatnya secara pribadi maka ia akan diselamatkan dan sebagaimana buah anggur itu melekat pada pokoknya maka demikian kehidupan orang tersebut yang harus selalu melekat pada Yesus yang merupakan pokok Anggur tersebut.
Ketiga Yesus adalah Kebangkitan Hidup (Yoh 11:25-26), saudara pada pembahasan pertama telah di bahas bahwa misi dari Yesus datang ke dunia adalah menyelamatkan umat manusia yang hilang, kemudian pada bagian ke 2 bahwa siapa yang menerima-Nya akan diselamatkan, kemudian pada bagian ketiga ini lebih diperjelas lagi bahwa dimana setiap orang tadi yang menerima-Nya akan dibangkitan dari maut, sebab Yesus sendiri telah bangkit pada hari ketiga dan Ia telah mengalahkan maut.
Keempat, Yesus adalah Jalan Kebenaran dan Hidup (Yoh 14:6).  Kemudian yang terakhir adalah Yesus adalah satu-satunya jalan kebenaran dan hidup artinya bahwa hanya Yesus jalan menuju pada keselamatan sama seperti misinya datang kedunia ini untuk menyelamatkan manusia.
Saudara beberapa hal diatas telah menjelaskan pertanyaan dari siapakah Aku ini atau siapakah Yesus itu. Saudara dengan demikian jika Yesus Anak Allah, Ia adalah Roti Hidup dan Pokok Anggur, kebangkitan hidup, dan Jalan kebenaran dan kehidupan maka Yesus itu berkuasa akan segala sesuatu dan Ia selalu sanggup menolong siapapun, dimanapun, kapanpun, dan apapun masalahnya. Kemudian satuhal lagi tidak ada yang terlambat bagi Allah, semua itu tepat waktunya dan semua itu sudah menjadi bagian dari setiap rancangan kehidupan seseorang seperti yang digambarkan dalam kisah penyembuhan di kolam Betesda (Yoh 5:1-9).


Hingga pada akhirnya saudara – saudara semua tetaplah mengasihi Tuhan dengan tulus, s’bab baransiapa yang mengasihi Dia, akan dikasihi-Nya juga, dan Ia akan diam bersama-sama dengan orang tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar