Minggu, 21 Juni 2015

Mintalah Hikmat Pengertian Tuhan

Pembicara: Ibu Pdt Keintjem

2 Tawarikh 1:1-3

 1 Salomo, anak Daud, menjadi kuat dalam kedudukannya sebagai raja; TUHAN, Allahnya, menyertai dia dan menjadikan kekuasaannya luar biasa besarnya. 2 Salomo memberi perintah kepada seluruh Israel, kepada kepala-kepala pasukan seribu dan pasukan seratus, kepada para hakim dan kepada semua pemimpin di seluruh Israel, yakni para kepala puak. 3 Lalu pergilah Salomo bersama-sama dengan segenap jemaah itu ke bukit pengorbanan yang di Gibeon, sebab di situlah Kemah Pertemuan Allah yang dibuat Musa, hamba TUHAN itu, di padang gurun.



Salomo adalah Raja yang paling top pada zamannya dan tidak ada raja-raja yang mampu menyamai Salomo, baik sebelum maupun sesudahnya. Salomo adalah anak dari raja Daud, kemudian meskipun Salomo telah menjadi raja yang paling top, Salomo tidak pernah lupa untuk beribadah kepada Tuhan. Hal itu karena Salomo ingat pesan ayahnya yaitu raja Daud. Pesan dari Raja Daud kepada anaknya Salomo yaitu kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya (1 Tawarikh 28:9-10). Demikianlah pesan Daud kepada anaknya Salomo, dan pesan ini pula yang disampaikan Tuhan kepada semua orang yang percaya.
Kemudian pesan tersebut bukan hanya didengar oleh Salomo melainkan Salomo melakukannya, Salomo beribadah kepada Tuhan dengan tulus ikhlas dan rela hati, sehingga pada akhirnya suatu saat Tuhan datang menghampiri Salomo dan berkata Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu (2 Tawarikh 1:7-13). Pada saat itu Salomo tidak meminta harta, kekayaan dan sebagainya, melainkan Ia meminta hikmat pengertia dari pada Tuhan (2 Tawarikh 1-17).
Saudara akhir-akhir ini banyak kabar yang menggemparkan dan banyak sekali kabar-kabar yang belum pernah terdengar sebelumnya. Hal itu karena akhir-akhir ini mulai memasuki akhir zaman. Maka dari itu perlulah bagi setiap orang percaya untuk memiliki kekuatan iman dan hikmat pengertian dari Tuhan. Hal itu dimulai dari mengenal Allah dan beribadah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan rela hati seperti yang dipesankan Daud kepada Salomo.
Hikmat dan pengertian dibutuhkan Salomo pada masa itu supaya Salomo bisa menjadi pemimpin bangsa Israel pada masa itu. Hikmat dan pengertian dibutuhkan oleh semua orang percaya untuk dapat mengerti akan keadaan sekitar dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita.
Dalam Matius 24:3-14,29-31, Tuhan sudah memberikan penjelasan mengenai kondisi akhir zaman dan diayat 4 Tuhan sudah memperingatkan untuk Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!. Maka dari itu diperlukan hikmat dan pengertian dari Tuhan supaya kita bisa mengerti.

Hingga pada akhirnya saudara sama seperti Salomo yang memiliki keyakinan yang kuat akan Tuhan dan mempunyai hikmat dari pada Tuhan sehingga Salomo bisa menjadi raja yang top pada zamanya dan tidak ada yang menyamai Salomo baik sebelum masanya dan sesudah masanya. Demikian kita sebagai orang percaya dalam menghadapi akhir zaman ini, kita perlu memiliki keyakinan yang kokoh dalam Injil, sebab Injil adalah kekuatan Allah, dan orang benar hidup oleh iman (Roma 1:16-17). Selain itu mintalah hikmat pengertian dari Tuhan agar kita dapat mengerti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar