Kamis, 23 Mei 2013

Hari Ketuangan Roh Kudus


Pembicara: Pdt. Keintjem

        Yohanes 14:16-17a
          16) Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17) yaitu Roh Kebenaran.

Pada waktu itu para murid menantikan-nantikan apa yang telah Tuhan janjikan sebelum Ia naik ke surga didalam loteng, dan yang dinantikan oleh para murid adalah seorang Penolong yang disebut Roh Kebenaran atau Roh Kudus.

Roh Kudus adalah utusan dari Allah Bapa yang akan menjadi penolong, yang akan menyertai, dan yang akan mengajarkan serta mengingatkan tentang apa yang sudah Tuhan ajarkan (Yohanes 14:16-17,26).

Pada waktu itu genap setelah 10 hari setelah kenaikan Yesus atau yang disebut dengan hari Pentakosta, para murid dipenuhi oleh Roh Kudus. Roh Kudus yang memenuhi mereka sehingga mereka bisa berbicara dalam berbagai bahasa (Kis 2:1-4).

Sama seperti yang telah diuraikan diatas bahwa Roh Kudus adalah seorang Penolong yang diutus oleh Bapa di Sorga. Roh Kudus itu diam didalam hati setiap orang percaya (1 Kor 3:16-17) dan Roh Kudus menjadi tanda atau materai bahwa saudara dan saya telah sah menjadi milik dari Tuhan (Efesus 1:13-14).

Sama seperti yang Tuhan Yesus contohkan bahwa ketika orang percaya memberi dirinya untuk dibaptis maka Roh Allahpun turun keatas orang itu (Mat 3:11)

Seringkali saudara dan saya mengukur dengan ketidakberdayaan yang ada. Namun ingatlah bahwa Roh Kudus itu menjadi jaminan atas apapun yang saudara hadapi, maksudnya disaat sedih, Ia hibur, disaat lupa, Ia ingatkan, disaat lemah, Ia kuatkan. S’bab seperti yang tertulis dalam firman Tuhan bahwa Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu hingga sampai saatnya Yesus datang kembali (Yoh 14:18-20).

Kedatangan Yesus kedua kali menurut firman Tuhan dalam lukas 17:26-32, bahwa seperti pada zaman nuh yaitu mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan hingga nuh masuk kedalam bahtera dan air bah membinasakan mereka semua. Dan seperti zaman lot yaitu mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun hingga sampai pada saat lot keluar dari Sodom dan hujan api turun membinasakan mereka semua. Jadi kedatangan Tuhan tidak ada yang bisa menduga kapan saatnya. Seperti apa yang telah tertulis mereka makan dan minum, kawin dan dikawinkan, menjual dan membeli, menanam dan membangun  hal itu seperti apa yang telah terjadi pada saat ini. Tetapi kapan saatnya tidak ada yang tahu.

Roh Kudus adalah Roh Allah yang diutus oleh Bapa di Sorga untuk menjadi penolong, penghibur dan yang akan menyertai saudara dan saya sampai akhir dan Roh Kudus itu diam didalam hati setiap orang percaya dan Roh Kudus menjadi tanda atau materai bahwa saudara dan saya telah sah menjadi milik Tuhan.

Saudara dan saya boleh berkarya dalam bidang apapun itu, dalam bidang pendidikan, usaha, hiburan atau talent atau apapun, bahkan firman Tuhanpun tidak melarang, bahkan mendukung semua itu demi kemuliaan nama Tuhan. Namun ingat satu sisi yaitu sisi rohani saudara dan saya yang harus terus bertambah dari hari ke hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar