Jumat, 03 April 2015

Kuatkan dan Teguhkan Hatimu, Jangan Takut dan Tawar Hati, S’bab Tuhan Allah Menyertai Engkau

Pembicara: Pdt. David

Yosua 1:1-9

     7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hokum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kenan atau ke kiri, supaya engkau beruntung ke mana pun engkau pergi.

Kehidupan akhir-akhir ini tidaklah menentu, semuanya cepat berubah, banyak kabar-kabar yang mencenangkan, semuanya cepat berubah, harga barang pokok naik dan terus menaik, semuanya tidak ada kestabilan dan kepastian, dan semua itu membuat iman seseorang akan menjadi lemah dan goyah.

Namun saudaraku, saat ini firman Tuhan berkata bahwa kuatkan dan teguhkan hatimu, s’bab Allah menyertaimu. Bertindaklah hati-hati sesuai dengan firman Tuhan, janganlah menyimpang, supaya engkau beruntung. (Yosua 1:5-7).

Sepeninggalnya musa maka kepemimpinan rakyat Israel menuju kepada tanah yang telah dijanjikan Tuhan beralihlah kepada Yosua. Yosua adalah orang yang telah Tuhan pilih untuk memimpin rakyat Israel menggantikan musa. Tetapi sebagai manusia biasa mungkin Yosua tidak akan mampu melakukan hal itu, namun firman Tuhan yang datang kepada Yosua menjadi kekuatan dan pegangan baginya untuk melakukannya.
Saudaraku mungkin dalam kehidupan saudaraku, banyak hal bisa membuat saudara menjadi tawar hati. Tawar hati adalah suatu kondisi dimana manusia kehilangan pengharapan akan kehidupannya dan kehidupannya tidak ada gairah ataupun semangat lagi. Beberapa hal yang bisa membuat saudara tawar hati adalah kekecewaan, kegagalan, kepahitan dll.

Namun saudaraku ingatlah janganlah menyerah dengan kondisi apapun, meskipun itu adalah kondisi yang tersulit, janganlah menyerah, s’bab Allah menyertai saudara semua, tetaplah lakukan apa yang ada didalam firman Tuhan, jangan menyimpang, hingga saudaraku melihat suatu pelangi yang indah yang Tuhan pancarkan dalam kehidupan saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar