Minggu, 31 Mei 2015

Hari Pentakosta

Pembicara: Ibu Pdt. Keintjem




Kisah 1: 8-11
8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." 9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. 10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." 



Tepat 10 hari setelah kenaikkan Yesus ke Surga atau 50 hari setelah kebangkitan Yesus dari kematian adalah hari pentakosta atau hari ketuangan Roh Kudus. Pada saat itu setelah murid-murid melihat Yesus terangkat ke surga, mereka menanti-nantikan Roh Kudus yang dijanjikan kepada mereka.
Dalam Yohanes 14:16, Roh Kudus adalah seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, dimana Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Pada saat Yesus dibabtis Roh Kudus turun seperti burung merpati (Matius 3:16-17). Kemudian pada saat hari Pentakosta dimana pada saat itu semua orang percaya berkumpul Roh Kudus turun dan memenuhi mereka dan nampaklah pada saat itu lidah – lidah api dan mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, yaitu bahasa surga (Kis 2:1-4).
Roh Kudus adalah roh kebenaran yang diutus untuk menjadi penolong bagi kita, penghibur, sekaligus menjadi pengingat pelajaran-pelajaran yang telah Tuhan Yesus ajarkan bagi kita. Dan Roh Kudus itu memang tidak terlihat secara manusia, namun Roh itu tinggal dalam hati kita dan membuat rasa sukacita dan damai sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar