Minggu, 16 Agustus 2015

Hal Mengampuni dan Pertobatan

Pembicara: Pdt. David

Matius 6:14-15

14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."





           
Hal mengampuni adalah hal yang sering diberitakan oleh hamba-Nya. Hal mengampuni membutuhkan ketulusan hati yang paling dalam untuk melakukannya. Hal itu karena jika seseorang sudah mengampuni maka ia atau orang tersebut sudah mengampuni dan tidak mengingat-ingat lagi kesalahannya kepada orang itu. Itulah mengapa hal mengampuni tidaklah mudah.

Firman Tuhan dalam matius 6:14-15 tertulis bahwa 14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.". itu berarti ada suatu keharusan untuk seseorang bisa saling mengampuni dan memaafkan kesalahan.

Untuk bisa mengampuni kita butuh belajar dari sosok pribadi Allah yang mau mengampuni dosa atau kesalahan seluruh umat manusia. Allah mau mengampuni kesalahan dan dosa manusia itu karena Allah sangat mengasihi umat manusia. Seperti Bapa sayang anaknya demikianlah Allah itu mengasihi manusia (Maz 103:11-14).

Kemudian selain belajar untuk mengampuni kemudian hal kedua adalah pertobatan. Pertobatan adalah kembali kepada Tuhan dan jangan berbuat dosa lagi. Firman Tuhan dalam Mzm 51:3-6 ada suatu pernyataan yang meminta belas kasih dari pada Tuhan untuk mengampuni dosanya dan dalam wahyu 2:5 tertulis Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat. Akan tetapi jika kita mengakui dosa dan dalam firman Tuhan di Kemudian sesuai firman Tuhan jika kita mengaku dosa maka Ia mengampuni dosa dan menyucikan kita (1 Yoh 1:9).

Kemudian jangan anggap remeh pengorbanan dari pada Tuhan,  hal itu karena dari pengorbanan Tuhan maka ada keselamatan  sesuai dalam roma 2:4 dimana disana tertulis Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar