Sabtu, 02 Januari 2016

Sabar Menghadapi Segala Sesuatu (Berdiam Dirilah Dihadapan Tuhan dan Nantikanlah Dia)

Pembicara: Pdt David

Maz 37:1-11
7 Berdiam dirilah dihadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya.

Saudara sebagaimana yang kita tahu, bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang sangat mengerti dan perduli kepada umat-Nya. Ia selalu memperhatikan dan melihat keadaan atau kondisi unat-Nya. Namun saudara, ada kalanya ketika kita doa itu Allah tidak langsung menjawab atau langsung memberikan pertolongan sampai saatnya tiba. Ketika Allah tidak langsung menjawab atau menolong umat-Nya, melainkan butuh waktu hingga saatnya tiba, itulah masa – masa penantian. Atau masa – masa dimana seseorang harus menantikan jawaban dari apa yang ia doakan atau menunggu pertolongan Tuhan. Untuk itulah diperlukan yang nama-Nya kesabaran. Dalam Firman Tuhan dalam Roma 12:12 tertulis bahwa Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa.
Banyak orang tidak sabar dalam menghadapi segala sesuatu, banyak orang tidak sabar dalam menantikan pertolongan-Nya. Namun kesabaran adalah kunci dalam menantikan pertolongan Tuhan.Untuk menantikan pertolongan Tuhan, kita butuh kesabaran. karena berbicara masalah menantikan atau menunggu adalah suatu hal yang membosankan. Akan tetapi firman Tuhan dalam Maz 37:7 tertulis Berdiam dirilah dihadapan TUHAN dan nantikanlah Dia.
Terkadang dalam kehidupan ini banyak kali apa yang kita rencanakan itu tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan, apa yang kita rencanakan atau impikan malah terbalik dengan apa yang terjadi. Dalam kondisi itu juga seseorang perlu kesabaran, sabar dalam menghadapi suatu kondisi yang tidak pernah ia harapkan. Sebab firman Tuhan tertulis dalam Yes 55:8 bahwa Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Saudara tahun 2015 sebentar lagi akan berakhir dan tahun 2016 akan kita jelang atau masuki. Kita telah merasakan banyak hal di tahun ini, ada yang rencananya atau impian tercapai ditahun, maka bersyukurlah. Lantas bagaimana yang rencana maupun impiannya gagal?. Apa yang dirasakan?. Pasti kecewa. Dalam hal inilah kita butuh kesabaran. Kesabaran dalam menantikan pertolongan Tuhan. Sabar dalam menantikan kedatangan-Nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar