Jumat, 24 Februari 2012

Enam Harta




Pembicara: Bpk. Chandra

          Berbicara masalah harta, banyak manusia yang mengartikan harta itu adalah sebuah benda yang punya nilai jual dan manusia pasti tak pernah mengira bahwa ada enam harta yang paling berharga dan sekarang atau saat ini mereka para manusia itu sudah memilikinya.
          Enam harta itu adalah Keluarga, Harta Benda, Jaringan, Tubuh, Jiwa dan Roh.
            Pertama adalah keluarga, keluarga adalah harta yang pertama yang paling berharga yang dimiliki oleh seseorang (Yohanes 16:21, Filipi 2:2).
            Kedua adalah Harta Benda, harta adalah kekayaan atau segala asset yang seseorang miliki, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Tapi janganlah manusia itu menjadi hamba dari pada uang yang membawa dirinya kedalam berbagai nafsu yang mencelakakan (1 Timotius 3:7, Ibrani 13:5) dan kumpulkanlah juga harta bagimu di Kerajaan Surga (Matius :19-24).
            Ketiga adalah Relasi atau Hubungan, relasi atau hubungan adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dan dalam menjalin subuah relasi itu hendaknya menjaga nama baik yang dimiliki (1 Timotius 3:7), ada kasih (Yohanes 15:13) dan dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan hikmat duniawi (2 Korintus 1:12).
            Keempat adalah Tubuh, dalam 1 Korintus 6:19-20, tubuh ini digunakan untuk memuliakan Allah, maka itu untuk tetap semangat diperlukan Nutrisi, Olahraga, Udara, Cahaya Matahari Pagi, Kesederhanaan, dan Percaya pada Tuhan.
            Kelima adalah Jiwa, ada tubuh maka ada jiwa. Dan sama halnya dengan tubuh, jiwa juga memerlukan nutrisi, nutrisinya yaitu adalah Pendengaran akan Firman Allah, karena didalam Firman Allah ada harta hikmat dan pengetahuan (Kolose 2:3).
            Keenam adalah Roh, Ada tubuh, ada jiwa maka ada Roh, sebab ini adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan . ( 1 Petrus 1:18-19, Ibrani 3:10-11, Hakim – Hakim 10:13-14, Ibrani 11:1-3).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar