Kamis, 25 Oktober 2012

Berbau Harum Bagi Allah dan Semua Orang


Pembicara: Ibu Pdt. Keintjem

2 Korintus 2:14-15

            14) Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan – Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana – mana.  15) Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah – tengah mereka yang diselamatkan  dan di antara mereka yang binasa.

            Bau adalah sesuatu yang dapat dicium dengan indra penciuman. Berbau harum adalah bau yang wangi dan harum dan apa bila mencium bau tersebut maka akan terasa menyenangkan. Dan bau harum adalah bau yang dicari dan diinginkan oleh semua orang.

            Berbau harum di hadapan Allah atau bisa dikatakan berbau harum yang diinginkan oleh Allah dari umat – Nya adalah sebuah kesaksian tentang bagaimana pertolongan itu nyata bagi semua orang dan puji – pujian bagi Allah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Alah. Karena ketika kesaksian tersebut di ucapkan itu seperti sedang memancarkan keharuman Kristus. Maksudnya adalah ketika kesaksian itu terucap dari mulut seseorang maka itu akan menambah pengenalan tentang kasih Kristus kepada orang yang mendengarnya. Selain itu bagi yang mendengarnya akan menjadi suatu kabar yang menguatkan dan yang sedap untuk di dengar (2 Korintus 2:14-15).

            Sebenarnya selain dari kesaksian yang terucap, orang sekitar dapat  tahu tentang bagaimana Kasih Kristus itu melalui tingkah dan perilaku saudara dan saya. Hal ini di karenakan saudara dan saya adalah seperti sebuah surat yang terbuka yang dapat dibaca isinya oleh semua orang. Surat – surat ini bukan surat – surat biasa, melainkan surat – surat ini adalah sebuah surat yang ditulis dengan mengunakan Roh Allah pada setiap hati yang di kalungkan pada leher orang percaya (2 Korintus 3:2 – 3 & Amsal 3:3).

            Hal dilakukan supaya bagi semua orang yang belum mengenal Allah, juga dapat mengenal siapa itu Yesus dan seperti kasih – Nya itu. Kemudian setelah orang – orang tersebut mengenal siapa Yesus dan seperti apa kasih – Nya itu maka kembalilah ia sehingga ada pertobatan serta kemerdekaan dann kemuliaan (2 Korintus 3:14, 16-18).

            Jadi ketika orang lain melihat tingkah laku saudara dan saya yang bisa mencerminkan kasih Kristus dan bisa menceritakan kepada yang lain tentang bagaimana kasih Yesus yang membawa kepada kemenangan. Hal itulah yang dinamakan berbau harum bagi Allah dan sekitar. Karena sebenarnya saudara dan saya adalah seperti surat – surat tersebar dan dapat dibaca oleh semua orang. Yang bertuliskan tentang kasih Kristus dan ditulis dalam hati oleh Roh Kudus. Hal ini dilakukan agar saudara bisa menjadi berkat bagi orang lain dan menyenangkan hati Tuhan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar