Jumat, 04 April 2014

Hal Mengenai Iman

Pembicara: Pdt. David

Ibrani 11:1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang kita tidak lihat


Ibrani 11:1, Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Banyak orang kehilangan harapan dalam hidupnya, terutama disaat ada masalah yang menghimpit kehidupannya, seakan – akan hidup ini sudah berarti, namun satu kata yang mereka lupakan yang dimana kata ini dapat membangkitkan gairah untuk berusaha lagi. Kata tersebut adalah Iman.
Iman berarti percaya, beriman berarti kita percaya pada sungguh – sungguh kepada Tuhan, meski belum kelihatan, belum nampak secara fisik, namun jika kita beriman maka kita percaya bahwa itu ada, bahwa itu akan terjadi, itu akan nampak.
Banyak orang mungkin berfikir saya sudah beriman, saya sudah berdoa namun kok belum terwujud, belum nampak, jika itu terjadi pada saudara saat ini, satu kata juga yang belum dilakukan yaitu Usaha. Namun ketika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun masih gagal ada satuhal yang terlupakan yaitu Iman. Artinya adalah bahwa Iman harus disertai dengan usaha perbuatan, jika tidak maka hakikatnya mati. Usahapun harus disertai dengan Iman, jika pada hakikatnya sia – sia. Jadi dapat disimpulkan bahwa Iman harus disertai dengan usaha (Yak 2:14-17)
Banyak contoh dalam Alkitab mengenai peristiwa yang berkaitan dengan iman atau saudarapun pernah mengalaminya sendiri. Salah satu contohnya adalah Abraham.
Sebagaimana yang terdapat dalam kejadian 22:1-13 bahwa ketika kesetiaan Abraham diuji oleh Tuhan, yaitu pada saat itu Abraham harus menyerahkan anaknya Ishak sebagai korban bakaran, namun karena Abraham beriman maka ia melakukannya tanpa pikir panjang lagi.
Berikutnya adalah kisah Nuh, ya Nuh dengan Bahteranya yang pada saat itu airbah melanda bumi tetapi Nuh selamat karena ia mendengarkan apa yang Tuhan perintahkan (Kej 6:9-14, Kej 7:4-5).

Sesungguhnya iman harus disertai dengan perbuatan sama halnya dengan kisah nuh, Abraham maupun kisah murid – murid Yesus ketika mereka gagal menangkap ikan pada malam hari. Banyak orang berpikir bahwa ketika sudah beriman nga perlu lagi berusaha, pola pikir itu kurang tepat karena sesuai yang tertulis dalam Yakobus 2:17 yaitu Jika iman itu tidak disertai dengan perbuatan, maka pada hakekatnya adalah mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar