Kamis, 08 Agustus 2013

Hikmat dari Tuhan


Pembicara: Pdt. Keintjem

1 Korintus 2:30-31
        Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia menguduskan dan menebus kita.

            Kerap kali saudara dan saya mendapatkan atau memperoleh hikmat dari seseorang, lalu bagaimanakah dengan hikmat yang berasal daripada Tuhan? Apakah berbeda dengan yang didapatkan dari seseorang?. Jawabanya tentulah berbeda.

            Hikmat yang berasal dari Tuhan adalah hikmat yang sesungguhnya, hikmat yang dapat menguatkan dan menghiburkan. Cotohnya adalah disaat – saat saudara sedang dalam pencobaan yang dapat melemahkan, yang mungkin diri sendiri atau orang lain berkata sudah tidak ada jalan, ada jalan namun tidak mungkin tetapi Tuhan berkata disaat kamu sedang dicobai, Allah  sedia dan Tuhan sudah menyiapkan jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya (1 Korintus 10:13).  Lebih dari itu Tuhan juga berfirman bahwa kemalangan orang benar itu banyak tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu (Mazmur 34:20).
Seperti yang tertulis diatas bahwa Hikmat yang sesungguhnya adalah hikmat yang berasal dari Tuhan Bahkan ayub berkata sesungguhnya takut akan Tuhan ialah hikmat ( Ayub 28:29). Hikmat yang berasal dari Tuhan ini, Dia sampaikan melalui Roh Kudus, Roh Kudus yang diberikan kepada kita dan yang diam di dalam diri kita (1 Kor 6:19-20), Roh yang menguatkan, menghiburkan, dan mengingatkan kita kepada janji – janji Tuhan (1 Kor 2:9-10).
Kemudian berikutnya  hikmat yang berasal dari Allah, menuntun kita kepada kebenaran, damai sejahtera, dan sukaca, dan itulah hal – hal tentang kerajaan Allah (Roma 14:17-18). Dan dicurahkan oleh Allah Bapa kepada orang – orang pilihan Tuhan.(1 Petrus 1:2), yaitu orang – orang yang mengasihinya dan bukan yang mengasihi dunia (1 Yoh 2:15-17).
Dan barangsiapa yang bermegah hendaknya ia bermegah dalam Tuhan (1 Kor 2:31).

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar