Selasa, 27 Agustus 2013

“Kemerdekaan”


Pembicara: Bpk. Chandra


Kemerdekaan negara Republik Indonesia yang beberapa hari lalu telah dirayakan atau yang setiap kali tanggal 17 agustus dirayakan mengandung arti kebebasan. Bebas dari segala belenggu yang mengekang kehidupan bangsa Indonesia ini dan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat yang bebas menentukan arah dan tujuannya sendiri tanpa ada paksaan dari bangsa manapun.

Saat ini setiap manusia telah merdeka, merdeka bukan sekedar merdeka dari segala bentuk penjajahan. Namun bebas dari segala kutuk dosa. Kebebasan itu sudah dideklarasikan sejak kematian Yesus di atas kayu salib ribuan tahun yang lalu, supaya siapapun yang percaya tidak binasa tetapi beroleh keselamatan.



Hanya karena dosa adam dan hawa maka seluruh umat manusia menjadi berdosa dan hanya karena pengorbanan Yesus di kayu salib maka dosa itu bisa di hapuskan.

Saat ini saudara dan saya adalah umat yang sudah dibebaskan dari dosa oleh karena kematian Yesus di kayu salib. Maka dari itu marilah kemerdekaan yang sudah diterima kita isi dengan hal yang menyenangkan hati Tuhan. Beberapa hal itu diantaranya adalah jangan menyalahgunakan kemedekaan itu, jangan mau jatuh lagi, dan berusaha menjadi serupa dengan Allah.

Jangan mau jatuh lagi, hal ini berarti dalam kemerdekaan yang sudah merdeka ini, janganlah mau jatuh lagi dalam jurang dosa, dengan cara menahan setiap godaan yang diberikan oleh dunia, (Gal 5:1).

Kemudian hal yang tidak berbeda jauh dari hal yang diatas adalah janganlah menyalahgunakan kemedekaan itu. Maksudnya janganlah dalam kehidupan yang sudah merdeka ini menjadi dasar atau alasan untuk kita tambah hari tambah berbuat dosa (Gal 5: 13).

Karena ke dua hal diatas adalah dasar untuk kita semakin hari semakin menjadi serupa dengan Allah (Kej 1:26) yaitu Kasih, Adil, Kudus dan sifat – sifat Allah yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar