Kamis, 08 Agustus 2013

Keyakian Yang Kokoh dalam Injil (Iman)


Pembicara: Pdt. David

Roma 1:16
        Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang percaya, pertama-tama orang Yahudi tetapi juga orang Yunani.

            Perhatikanlah kata – kata dalam Roma 1:16, yang berbunyi sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah. Keyakinan yang kokoh dalam Injil, hal ini berbicara mengenai Iman yang kokoh, yang seharusnya tak akan goyah meski dalam situasi atau kondisi apapun, meski sedang dalam pencobaan maupun ujiaan seberat apapun, Iman itu tidak goyah.


            Iman yang sebenarnya atau bisa dikatakan Iman yang sejati adalah Iman yang tidak akan goyah ataupun rapuh meski dalam kondisi yang sedang mengalami ujian atau cobaan seberat apapun.

            Banyak orang mungkin bisa berkata aku mempunyai Iman atau berIman, namun ketika orang itu sedang dalam masa ujian atau cobaan yang berat, ia tidak bisa bertahan namun mulai meninggalkan Tuhan. Apakah itu yang namanya Iman? Atau seperti itukah Iman yang sesungguhnya?. Sesungguhnya jawabanya adalah tidak. Contohnya sudah banyak sekali yang kita bisa lihat disekitar kita maupun publik figur atau artis – artis yang bisa kita lihat di TV ataupun surat kabar yang ada.

            Sebagaimana yang kita tau bahwa dalam Ibrani 11:1 berbunyi bahwa Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang kita tidak lihat. Iman yang kokoh itu berkuasa. Berkuasa dalam mendatangkan muzizat, membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin dan menyelamatkan.

            Firman Tuhan berkata dalam markus 11:22-24, barangsiapa berkata kepada gunung ini: beranjaklah dan tercampaklah ke laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya bahwa apa yang dikatakan akan terjadi maka hal itu akan terjadi. Artinya saudara – saudara dengan Iman kita bisa mengubah segala sesuatu yang memang mustahil bagi kita namun jika kita percaya kepada Allah maka hal yang tidak mungkin itu bisa menjadi nyata dalam kehidupan kita.

            Dengan iman selain bisa membuat segala suatu menjadi bisa terjadi, bisa juga mendatangkan keberhasilan. Salah satunya adalah dalam kisah di Markus 9:24-29. Yang dimana diajarkan saat kita percaya berhasil maka akan berhasil.

            Dan yang terpenting adalah Iman atau beriman atau percaya kepada hanya kepada Tuhan Yesus, sebab diluar Aku kamu tidak bisa berbuat apa – apa (Yoh 15:5).

            Jadi saudara – saudaraku yang kekasih di dalam Tuhan, jikalau memang saat – saat ini atau suatu saat saudara sedang dalam masa – masa pencobaan yang berat, mungkin yang satu belum selesai lalu masalah yang lain sudah muncul lagi, atau masalah demi masalah muncul dan semakin pelik saja sehingga seakan tidak ada lagi harapan maupun jalan keluar. Janganlah mundur dari Tuhan saudaraku, namun tetap percaya dan berdoa, firman Tuhan berkata, jangalah kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi hendaklah nyatakan segala permohonanmu dalam doa sambil mengucap syukur kepada Allah (Filipi 4:6 & 1 Tes 5:18). Sebab sesungguhnya bagi Allah tidak ada yang mustahil (Lukas 1:37)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar